Tips: Aplikasi Penunjang "Pengemasan" Produk Kita

Halo lagi, masi dengan Lucia Berta dari Huckleberry yang mau share atau bagi-bagi pengalaman untuk teman-teman crafter/small business owner. Kebanyakan tips dari aku adalah pengalaman pribadi saja dan lebih personal (baik pendapat dan referensinya), aku tidak dibayar untuk menyantumkan beberapa link shop ya, jadi bukan untuk promo nih nanti kalau ada link shop atau aplikasi tetapi untuk tambahan info aja.

Sebagai seorang pebisnis muda yang berjualan secara online tentu kita harus tahu di dunia maya/online itu ada apa sajakah aplikasi yang bisa membantu kita "megemas" jualan menjadi terlihat lebih profesional, benar tidak? Apakah kalian memikirkan hal ini dan mencari tau dengan browsing semua aplikasi di web? atau udah puas dengan menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, tumblr, blog saja? Semuanya dikembalikan ke masing-masing orang berdasarkan kebutuhan dan kepentingannya. Tetapi disini aku akan memberikan tambahan info untuk teman-teman yang belum sempat browsing aplikasi ataupun yang belum berpikir untuk menggunakan aplikasi lain untuk berjualan.  

Selain facebook, aku menemui ada beberapa teman crafter yang mulai menjual produknya melalui website shop seperti misalnya Poyeng dengan poyenghobby.com, Maken dengan makenliving.com, Mata Timur dengan matatimur.com, Nantinya dengan nantinya.com, dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan agar produk mereka pengemasannya terlihat lebih profesional dan bisa dijangkau oleh semua orang dari berbagai belahan dunia (nggak hanya friendlist yang ada di media sosial). Aku sebagai crafter pun mau, pengen ikutan punya webstore sendiri, tapi jujur aja aku masih sayang mengeluarkan budget untuk beli template shop atau menggunakan jasa pembuatan web. Tetapi dengan "kepelitanku" itu malah jadi rajin browsing dan coba-coba untuk menggunakan aplikasi yang ada di dunia maya, dan inilah hasil dari pengalamanku, masi sedikit sih, belum segambreng kayak para techno/gadget fans yang lain dan lebih personal ya (mohon diingat, karena masing-masing pendapat pasti berbeda). Inilah beberapa aplikasi yang bisa bermanfaat untuk kalian (terutama untuk aku):

1. Katalog Produk
Aku berjualan storage bucket, tiap aku berjualan di bazaar, orang-orang kurang begitu familiar dengan produkku, bahkan sering banyak yang nanya "ini apaan mbak?", "ini buat apa mbak?", oke memang kalau di Indonesia bucket belum terlalu populer (tetapi mungkin baru populer di beberapa handmade lovers khususnya buat para perajut). Untuk mengatasi hal tersebut aku ada ide untuk bikin katalog khusus untuk produkku, disitu aku bisa tampilin beberapa gambar/foto produk beserta asesoris untuk memperlihatkan fungsi/kegunaan dari produkku. Selain itu juga sebagai dokumentasi produk (aku pikirnya sih gitu), juga bisa disebarkan luas ke orang-orang. Nantinya shop adalah salah satu shop yang juga suka memakai katalog produk pas bazaar. Bagi orang yang bisa menggunakan corel draw, photoshop, atau microsoft publisher pasti nggak menemukan halangan yang berarti, nah berbeda dengan aku yang nggak punya itu semua di laptop dan nggak bisa make corel lagi :( Untungnya ada aplikasi khusus untuk membuat katalog dan bisa gratis (meskipun ada syaratnya), tapi lumayan khan? :) Web untuk membuat katalog tersebut adalah catalogmachine.com, mungkin ada beberapa aplikasi katalog online tetapi aku lebih memilih catalog machine karena selain sangat terbantu dengan web tersebut, penggunaannya juga mudah, cocok untuk amatir. Kita hanya perlu siapin gambar/foto saja, dan hasilnya bisa dijadikan dalam bentuk pdf dan langsung bisa di cetak, atau di publish di web tersebut.

2. Edit Foto
Oke disini aku buka semua rahasiaku, ya sudah nggak papa, namanya juga sharing ya :) selama ini aku suka edit foto secara online di Picmonkey dan Pixlr (bahkan Pixlr jg ada aplikasinya di android dan aku jg pake itu di hapeku). Picmonkey ada banyak feature lucu yang bisa digunakan dan mereka selalu update sesuai hari raya yang sedang populer (natal, hallowen, valentine, dll), bisa memakai gratis juga bisa berbayar, sesuai kebutuhan kalian, dan yang berbayar tentu bisa dapat banyak feature lucu yang bisa dipakai. Picmonkey juga bisa digunakan untuk membuat kolase. Sedangkan Pixlr, ini hampir mirip dengan photoshop. Aku sering pake juga dan gratis :)

3. Webstore
Kalau ini aku agak hati-hati membahasnya karena masing-masing pasti punya kegemarannya sendiri untuk webstore ini. Untuk beberapa orang yang berjualan di online suka menggunakan wordpress (yang nanti kemudian diubah dengan domain pribadi), banyak template wordpress untuk webstore lucu yang bisa didownload gratis maupun berbayar. Tinggal klik aja ke google pasti dapat deh. Sedangkan untuk blogger pecinta blogspot (meski dulu aku juga pernah pake wordpress) seperti aku agak susah ya cari template webstore semacam di wordpress yang bisa dipake di blogspot :( eh ada juga sih sebenarnya tapi bayar/beli templatenya :p. Contoh: Maken Living dan Mata Timur sepertinya mereka juga pake wordpress. Nah bagaimana jika menggunakan selain wordpress yang kemudian dijadikan webstore? Saat ini ada banyak sekali aplikasi (mungkin disebutnya dengan e-commerce software) untuk membuat website, mulai dari wix.com, sirclo.com, bigcartel.com, shopify.com (sekarang di Indonesia ada shopify.co.id), storenvy.com, dan lain sebagainya. Perlu kalian ketahui bahwa aku udah coba pake semuanya itu hahaha eh kecuali sirclo karena berbayar dan nggak ada gratisnya :p. Lalu mana yang cocok buat orang yang nggak terlalu ngerti teknologi canggih, amatir, pelit keluar duit macam aku? Mari kita lihat plus minus masing-masing aplikasi tersebut (dari sudut pandangku) kalau kalian penasaran dan pengen membuktikan silahkan dieksplor sendiri ya.

Orang luar banyak menggunakan wix.com, bigcartel.com, shopify.com, storenvy.com, tetapi aku tidak cocok dengan itu semua karena:
1. Mereka tidak menerima semua mata uang, Rupiah Indonesia tidak ada disitu. Maksudnya tiap produk yang didisplay mata uang untuk pembeliannya tidak pake rupiah. Ini nggak cocok buat aku karena sasaranku hanya di Indonesia. Tetapi ada shopify.co.id yang bisa pake Rupiah tetapi aku nggak tau mungkin aku agak oon, kurang bisa ngutak-atiknya :( apalagi juga berbayar, pun ada tawaran gratis tapi hanya untuk 14 hari.

2. Mereka hanya ada/menampilkan sistem pembayaran pake paypal dan credit card. Tidak cocok lagi buat aku. Tetapi untuk sirclo.com mereka ada feature pembayaran dengan bank Indonesia (BCA, Mandiri, dll) lho, bagus sekali tetapi sayangnya berbayar lagi buat bikinnya :p, contoh teman yg memakai sirclo: Nyala di nyala-shop.com

3. Mereka ada yang gratis tetapi bersyarat. Yup, aku dulu waktu mencoba bigcartel.com (karena banyak blogger yang jualan pake itu) ada yang gratis sih tetapi dibatasi jumlah produknya yang boleh didisplay dan featurenya juga sedikit bagi yang pake gratis.

Trus gimana donk untuk orang kayak aku yang pengennya gratis, template bagus, ngutak-utiknya gampang? aku nemuin weebly.com, so far so good. Gampang diutak-utik, sebenarnya di weebly.com juga nggak ada mata uang rupiah tapi aku bisa ngakalinnya, dan nanti bisa dilihat deh. Untuk pembayaran juga pake paypal dan credit card, tetapi aku bisa mengakalinya lagi :) ini semua bisa diakalin karena gampang diutak-atik itu. Minusnya disini aku jadi nggak bisa pake shopping cart karena harus aku hilangkan dan mengganti sesuai kebutuhanku. Weebly ini juga berbayar sih, tetapi ada yang gratis, dan sistemnya upgrade dari yang gratis menjadi berbayar jadi kalau punya duit berlebih bisa upgrade menjadi berbayar dan feature bisa dapat lebih banyak. Tetapi dengan menggunakan yang gratis saja feature yang aku dapatkan juga sudah lumayan komplit sih. Contoh shop yang menggunakan weebly: http://linf.weebly.com/, dan punyaku sendiri: http://huckleberryshop.weebly.com/ 

3. Marketplace online lain seperti Ebay, Etsy, dll
Ada beberapa teman yang juga menggunakan fasilitas ini, seperti Etsy ada StroberiHitam, Ika Vantiani, Henju, dan aku juga dulu pernah sekali tetapi langsung ditutup karena beberapa hal (salah taktik yang ada rugi mulu, mungkin besok dikasi tips juga ya untuk berjualan di Etsy). Enak pake Etsy, karena trafficnya kenceng, habis kita upload/kasi foto produk langsung deh bisa dicari di google untuk produk kita. Sangat memuaskan! tetapi ada beberapa hal juga yang nggak cocok buat aku, tetapi jika kalian ada yang pengen punya Etsy juga mungkin akan kita kasi tips and trick biar nggak salah mengambil startegi kayak aku :) Ebay juga mirip Etsy, bahkan adikku adalah fans setianya Ebay, dia juga punya produk di Ebay. Lalu di Indonesia juga ada Tokobagus, Berniaga, dan beberapa yang hampir mirip Etsy, aku belum pernah pakai itu semua jadi belum berani memberikan pendapat. 

Oke, itu baru sebagian kecil yang aku dapatkan. Mungkin nanti pendapatku akan berubah dan referensinya bertambah banyak. Misalnya lain kali mungkin aku akan kasi pengalaman untuk di Facebook kita juga bisa menambah aplikasi toko lho, ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan di Facebook, contoh shop luar negeri yang pake aplikasi-aplikasi shop di Facebook: Ichigo Shoes

Kesimpulannya disini adalah mau memilih berjualan di media sosial, ecommerce software, atau lainnya itu terserah kebutuhan kita, yang penting tetap mau belajar dan mencari tahu hal-hal baru yang bisa bermanfaat dan memaksimalkan "pengemasan" produk kita. 

Silahkan memberi tambahan atau editan kalau ada yang dirasa kurang dan salah, dan jangan lupa kalian bisa menjadi kontributor artikel di blog Magic Fingers Syndicate. Artikelnya bisa apa saja termasuk yang kayak gini, pengalamanmu pake salah satu ecommerce software juga bisa :)


Happy Crafting and Always Support Your Local Makers!


0 komentar:

 

Rekans

Copyright

The text, images and products displayed are copyright to their respective owners and may not be copied, reproduced or modified in any way without their permission.

visitor