Almost 3 years!

Magic Fingers Syndicate sudah hampir 3 tahun di bulan Oktober besooook :D yay! Senang plus banyak pemikiran tentang MFS, bukan sok mendramatisir ya, kadang mengurus suatu komunitas itu tidak selamanya mudah (kalian yang juga pernah/sedang mengurus suatu komunitas/organisasi di tempat kuliah atau disekitaran kalian pasti sangat memahami hal ini) apalagi selama hampir 3 tahun ini kita belajar dari nol untuk mengembangkan Magic Fingers Syndicate. Ada senang, sedih, bosen, nggak mood, antusias yang meledak, ribut, ditinggalin teman, bertemu teman baru, gosip, rugi, semuanya ada dan kita alami.

Flashback tentang MFS sekalian kami memperjelas keberadaan kami untuk teman-teman/new comers, dan beberapa yang ingin mengenal kami. Magic Fingers Syndicate berawal dari keinginan untuk mengumpulkan teman-teman yang suka membuat produk handmade, dilakukan dengan pertemuan kecil dengan mas crafter jogja Ojan (Maken), Putri (Mola), Lois (stroberiHitam), Nurify (Ledidak), Kiky dan Iid (Hello Bleu), dan Lucia Berta (Huckleberry, ihiy baru sekarang dapat embel-embel shop meski blm terkenal :p). Chatting ringan tentang bagaimana membuat suatu acara yang bisa mendatangkan teman-teman yang seperti kami, akhirnya dicetuskan untuk bikin bazaar handmade bernama Craft Carnival #1 di Bentara Budaya Yogyakarta, 22-23 Oktober 2011, dan nama Magic Fingers Syndicate pun lahir. 

Untuk mengumpulkan teman-teman crafter muda pun tidak mudah, kita harus cari-cari info anak muda di jogja yang suka bikin handmade, lewat mulut ke mulut, lewat event2 yang ada di jogja (semacam hunting), dll, karena memang acara bazaar handmade itu belum populer dikalangan anak muda dan untuk meyakinkan mereka kalau acara yang akan kita bikin itu bakal rame dan seru.

Craft Carnival #1 berlangsung dengan lumayan rame, ehmm ya nggak bisa ngalahin ramenya event garage sale di Jogja sekarang ini tapi untuk permulaan, okelah :D dan selanjutnya banyak media yang meliput, sampai akhirnya kita diajak sana-sini untuk mengisi bazaar. Dan dengan bangga bisa dibilang kami adalah penyelenggara bazaar craft dan handmade anak muda pertama di Yogyakarta :D

Dari situ kita langsung membentuk MFS sebagai komunitas non-profit yang mengumpulkan crafter Jogja dan menjadi wadah serta sumber informasi mereka untuk info bazaar, workshop, dan macam event yang bisa melibatkan partisipasi mereka. Facebook, Twitter, blog, zine, dan merchandise MFS pun kita bikin untuk memperluas jaringan kami. Kegiatan MFS yang selama ini kami kerjakan: membuat bazaar tahunan kami sendiri yaitu Craft Carnival, membuat workshop bekerjasama dengan kafe-kafe di jogja, bekerjasama dengan pihak luar untuk mengisi bazaar di acara mereka, menyediakan informasi tentang handmade baik itu tips, artikel, dll yang berguna untuk teman-teman crafter, khususnya crafter baru :D.

Perjalanan tetap berlangsung sampai Craft Carnival #2, banyak hal bodoh yang kita lakukan karena keterbatasan kami tetapi kami selalu belajar, banyak hal yang membuat kami jenuh dan beralih ke hal lain, antara idealisme yang berbenturan dengan kebutuhan pokok kita masing-masing, orang-orang yang berperan di MFS pun datang dan pergi silih berganti, sampai kita sendiri sering ditanya orang-orang, "MFS tu sapa saja sih?". Kejenuhan dan kesibukan pun langsung melanda kami semua, berbagai hal seperti: berhenti sejenak, membuat project dengan komunitas lain, brainstorming dengan para senior yang mendukung kami dari awal seperti salah satunya dengan mb Ria Papermoon (terima kasih mba Riaaa :*), sampai melakukan banyak hal yang dapat mendobrak semangat kami untuk meneruskan MFS. 

Tahun ketiga ini pun tidak lepas dari masalah. Tetapi semangat kami untuk memeriahkan Craft Carnival #3 bulan depan tidak surut, ini semua berkat teman-teman yang sangat antusias mendukung kami, dan kami menganggap 'kekurangan' kami tidak akan menjadi permasalahan yang besar bagi kami untuk berusaha membuat Craft Carnival #3 menjadi lebih spektakuler dari tahun-tahun kemarin. Selama 3 tahun ini juga membuat kami banyak berpikir (bukan pikiran yang baru muncul tetapi sudah lama ini menjadi pemikiran) untuk tidak selalu berada dalam comfort zone kami, tetapi akan mengubah konsep MFS dan membuatnya lebih matang dan profesional lagi, serta tentunya akan lebih spesifik dan jelas apa yang kami kerjakan. Kami akan tetap berada di dunia handmade, dan menjadi bagian serta mendukung komunitas-komunitas handmade yang bermunculan di Yogyakarta (welcome guys! :D). Hope you like our metamorphosis and let's keep supporting each other ya :D


So, are you ready for Craft Carnival #3??? :D 
   

Sekilas memori Craft Carnival #2 tahun lalu


0 komentar:

 

Rekans

Copyright

The text, images and products displayed are copyright to their respective owners and may not be copied, reproduced or modified in any way without their permission.

visitor